E-Commerce   Leave a comment

Kali ini saya akan membahas tugas yang diberikan kepada saya tentang E-Commerce.

Dalam postingan kali ini saya akan membahas sebuah web E-Commerce yaitu www.amazon.com. dan didalam postingan ini akan saya jelaskan pegnertian E-Commerce dan tata cara pembelian di web tersebut.

Pengertian E-Commerce

Electronic Commerce (Perniagaan Elektronik), sebagai bagian dari Electronic Business (bisnis yang dilakukan dengan menggunakan electronic transmission), oleh para ahli dan pelaku bisnis dicoba dirumuskan definisinya. Secara umum e-commerce dapat didefinisikan sebagai segala bentuk transaksi perdagangan/perniagaan barang atau jasa (trade of goods and service) dengan menggunakan media elektronik. Jelas, selain dari yang telah disebutkan di atas, bahwa kegiatan perniagaan tersebut merupakan bagian dari kegiatan bisnis.

Web www.amazon.com

Cara pembelian di www.amazon.com

1.      Buka Amazon.com
2.      Cari dan Pilih barang yang diminati dengan menggunakan form pencarian yang tersedia.

3.      Jika anda sudah menemukan barang yang dicari, masukan ke keranjang belanja (tekan tombol Add to Shopping Cart)

4.      Jika anda masih mencari barang lain, tekan tombol Contiue Shopping.

5.      Jika sudah selesai, silakan tekan Proceed to check out).

6.      Anda akan dipandu untuk login ke amazon.com (jika belum punya account amazon.com, anda akan diminta mendaftar terlebih dulu)
7.      Dari situlah akan muncul sejumlah opsi cara pengiriman barang beserta biayanya.
8.      Jika setuju, anda akan diminta membayar dengan kartu kredit. Untuk pembayaran sebenarnya ada pilihan lain selain kartu kredit, yaitu dengan Amazon Checkout, ini hampir sama dengan Paypal.

Dulu Amazon memang hanya bisa mengirimkan barang berupa buku atau CD ke Indonesia, tapi sekarang Amazon sudah mendukung pembelian dan pengiriman barang ke banyak negara di dunia dengan adanya Amazon International Shipping. Di Amazon International Shipping kita telah difasilitasi untuk mengimpor barang dari US sana jadi kita tidak akan dikenai biaya impor lagi oleh bea dan cukai indonesia.

Berapa Biaya Memesan Barang Elektronik Dari Amazon
Dalam proses pembelian di Amazon, anda akan di kenakan 2 jenis biaya yaitu Shipping & Handling dan Import Fees Deposit.
Contoh:
Jika anda membeli barang di Amazon dengan harga $102.11, maka anda akan di kenakan biaya sebesar
$102.11 + Shipping & Handling : + Import Fees Deposit : $21.29.
$102.11 + $20.27 + $21.29
Jadi Total: $143.67.
Kelebihan dan Kekurangan dari Amazon.com
Kelebihan :

1.Email konfirmasi. Kecuali email co-branding, pengiriman email konfirmasi dari Amazon membuat proses order terjaga kepercayaannya.
2. Order Fulfillment yang baik.
3. Login Screen yang ringkas.
4. Adanya tawaran untuk membeli produk lainnya yang relevan
5. Adanya sample. Hal ini membuat ketakutan akan membeli produk yang salah bisa dihindari.
6. Pemilihan produk yang komprehensif

Kekurangan :

Amazon Saking sukses dan terkenalnya toko buku online Amazon, banyak yang mematoknya sebagai referensi ketika membangun sebuah toko online. Sudah terlalu sering saya mendengar orang/perusahaan yang menyatakan ingin membuat toko online seperti Amazon. Namun, seorang pakar usability, Jakob Nielsen, mulai memberi lampu kuning agar tidak ngotot berkiblat ke Amazon.com. “Amazon.com jangan lagi dipakai sebagai model ecommerce yang harus kita tiru secara membabi buta,” katanya seperti ditulis di Useit.com.

Pengalaman ( orang lain )

Saya sudah 6 tahun menjadi pelanggansetia amazon.com. Terutama sekali berbelanja film-film dalam format Blu-ray Disc (BD).

Meskipun hampir semua barang disediakan di amazon.com, tidak semua barang bisa dikirim ke luar Amerika. Tentu saja untuk barang-barang besar dan berat, seperti perabot rumah/kantor, barang elektronik, dan lain-lain tidak bisa dikirim ke luar Amerika. Untuk piringan PS3 juga tidak bisa. Entah kenapa. Padahal format dan beratnya relatif sama dengan DVD, maupun BD.

Tempo hari waktu mau pertamakali mencoba transaksi dengan pembayaran dengan kartu kredit, banyakorang bilang, tidak akan diterima, karena kartu kredit dari Indonesia umumnya tidak diterima untuk transaksi internasional daring seperti itu. Ternyata setelah saya coba sendiri, itu tidak benar. Sampai di tahun ke-enam ini, tidak ada kendala satu kalipun dalam transaksi tersebut.

Kalau filmnya belum saya nonton di bioskop, biasanya, untuk memutuskan beli atau tidak sebuah film BD di amazon.com, saya mencari referensinya dengan membaca ulasan film-nya, baik di media di Indonesia (cetak dan daring), maupun lewat website highdefdigest.com di atas. Sedangkan untuk mengetahui kualitas gambar dan suaranya refernsinya hanya pada highdefdigest.com.

Berdasarkan pengalaman pribadi selama ini, berbelanja secara daring di amazon.com sangatlah menyenangkan. Pelayanannya sangat cepat dan bagus, dengan banyak keuntungan yang bisa didapat. Waktu perilisan dan koleksi film-filmnya tercepat dan terlengkap di dunia, serta sangat informatif.

Ketika kita memilih sebuah judul film, secara otomatis amazon.com akan memberi informasi dan menawarkan kepada kita sejumlah judul film dengan jenis yang sama dengan film yang kita pilih itu, atau berdasarkan aktor utamanya. Bahkan berdasarkan histori dari film-film yang kita pernah beli di sana, secara otomatis pula amazon.com “mengetahui” kegemaran kita itu film jenis apa saja, dan aktor utama idola kita. Dari situ kemudian ketika ada film-film berjenis atau dengan aktor utama yang sama akan dirilis, beberapa bulan sebelumnya amazon.com akan memberi rekomendasinya kepada kita.

Secara umum juga informasi yang sama selalu diperbaharui. Bahwa film-film judul tertentu telah bisa dipending order (pre order). Biasanya informasi yang ditonjolkan itu terutama sekali untuk film-film kategori A (box office), 3-4 bulan sebelum waktu rilisnya. Lengkap dengan harganya.

Untuk referensi bagi kita, ada daftar 100 judul/item film paling laris di amazon.com. Daftar ini dibuat berdasarkan transaksi yang dilakukan oleh pelanggan amazon.com dari seluruh dunia dan diperbaharui setiap jam.

Kalau kita melakukan pre-order, maka ada jaminan bahwa harga yang ditawarkan itu tidak akan naik, meskipun ketika jadwal rilisnya tiba harganya naik. Sebaliknya, kalau harganya turun, yang dipakai adalah harga termurah saat jadwal rilisnya tiba.

Kenapa saya harus jauh-jauh belanja di amazon.com yang nota-bene barangnya harus dikirim dari nun jauh di sana, Amerika Serikat? Karena waktu rilisan film-film barunya paling cepat, koleksinya paling lengkap bahkan benar-benar terlengkap di dunia, dan harganya yang lebih murah jika dibandingkan dengan di Indonesia. Seringkali BD film yang saya beli itu sudah saya terima, di Indonesia filmnya dalam format DVD, apalagi BD-nya belum juga ada.

Harga rata-rata BD film terbaru, atau yang masih tergolong baru adalah US$ 21,99 – US$ 24,99. Selain itu informasi harganya, juga dibuat berdasarkan golongan harga. Yakni harga obral: US$5-US$10, US$10-US$15, US$15-20, dan harga normal US$20-25, atau Diskon s/d 50% dan diskon s/d 60%.

Dengan kurs saat ini sekitar Rp 8.900/dollar, berarti harga BD terbaru di amazon.com rata-rata per buah sekitar Rp. 195.711 s.d. Rp. 222.411. Sedangkan yang obral terendah kebanyakan dengan harga US$ 7,99, atau Rp. 71.111.

Bandingkan dengan harga jual resmi BD di Indonesia yang tidak membedakan antara film lama dengan yang baru (antara lain dapat dibeli di Disc Tarra dan Movie Plus) dengan harga berkisar Rp. 400.000-an s/d Rp. 500.000-an. Atau ada beberapa yang dibandrol dengan harga Rp 300.000-an, biasanya untuk film-film non-Hollywood atau kategori B.

Jadi, kita beli dari amazon.com (Amerika Serikat) yang nun jauh di sana bisa jauh lebih murah daripada beli di Indonesia, yang waktu rilisnya rata-rata terlambat, dan koleksinya yang masih kurang banyak. Ini bisa terjadi karena pembelian dari luar Amerika tidak dikenakan pajak oleh pemerintahnya.

Ada tiga pilihan jenis cara pengiriman berdasarkan durasi lamanya waktu pengiriman sampai dengan perkiraan waktu penerimaan barang, yakni:

Standard International Shipping (rata-rata 18-32 hari kerja)

Expedited International Shipping (rata-rata 8-16 hari kerja)

Priority International Courier (rata-rata 2-4 hari kerja).

Pilihan yang pertama dan yang kedua untuk di Indonesia dipakai jasa Kantor Pos. Sedangkan pilihan ketiga, biasanya menggunakan jasa kurir internasional, seperti DHL. Semakin cepat durasinya semakin mahal ongkos kirimnya.

Awal-awalnya saya biasa memilih Standard International Shipping, tetapi sekarang biasanya saya pilih yang kedua, Expedited International Shipping.

Sebagaimana semua barang yang masuk dari luar Indonesia, paket-paket kita yang dari amazon.com ini juga harus melalui pemeriksaan Bea dan Cukai. Biasanya paket itu dibuka untuk diperiksa isinya, kemudian dibungkus kembali. Kalau nilai barangnya tidak melewati batas nilai tertentu dalam rupiah, tidak ada biaya tambahan, kecuali membayar biaya bungkus kembali sebesar Rp. 7.500/paket.

Saya pernah iseng-iseng memilih yang ketiga. Saking tidak percaya bahwa BD-BD yang saya beli itu bisa saya terima hanya dua hari kerja setelah transaksi saya lakukan dari komputer saya di rumah di Indonesia. Pikir saya, masa bisa hanya dua hari kerja barang-barang itu bisa saya terima, dikirim dari Amerika.

Meskipun ongkos kirimnya sangat mahal, saya nekad coba. Cuma satu kali ini saja,deh, bathin saya menghibur diri sendiri, yang telah melakukan pemborosan sia-sia.

Ternyata, benar-benar dua hari kemudian paket yang berisi BD-BD pesanan saya di amazon.com itu sudah diterima di rumah saya, dengan menggunakan jasa kurir DHL. Kejutan bagi saya.

Pada setiap transaksi yang kita lakukan selalu diinformasikan tentang perkiraan waktu penerimaan barang sesuai dengan jenis cara pengiriman yang kita pilih. Hebatnya, perkiraan waktu penerimaan tersebut relatif akurat. Melesetnya (lebih lama) biasanya tidak lebih dari 7 hari kerja.

Kita juga dapat memantau perjalanan paket kita itu melalui website amazon.com. Mulai dari waktu pengepakannya, pengirimannya dari Amerika, kapan masuk ke Indonesia, kapan masuk ke Bea dan Cukai, sampai akhirnya kapan kita telah menerimanya. Contohnya adalah seperti di bawah ini:

Bagaimana dengan ongkos kirimnya? Tentu sangat mahal? Jadinya, ya, ‘kan sama saja harga BD-BD tersebut jadi mahal. Bahkan lebih mahal daripada di Indonesia. Kenapa jauh-jauh mau beli dari sana?

Ternyata meskipun ditambah ongkos kirim harganya masih  lebih murah daripada harga di Indonesia. Misalnya, untuk satu film BD dengan harga US $21,99, ongkos kirimnya adalah US $ 6.48 (Standard International Shipping). Total US $ 28.47, atau sekitar Rp. 253.383 per buah.

Supaya harga yang didapat bisa lebih murah lagi, sebaiknya beli sekaligus beberapa buah BD. Misalnya, beli sekaligus 5 buah BD, total US $109.95. Ongkos kirimnya adalah US 23.08, atau Rp. 1.183.967, atau rata-rata perbuah Rp.236.793.

Untuk setiap paket yang kita terima dari amazon.com, sebagaimana juga dengan paket dari luar negeri lainnya, selalu akan melalui proses pemeriksaan di Bea dan Cukai. Paket akan dibuka dan diperiksa, berikut dicek jumlah harganya dalam rupiah.

Kalau masih di bawah batas maksimal (saya lupa jumlahnya), kita hanya akan dikenakan biaya bungkus kembali paket sebesar Rp. 7.500. Jika jumlah nilai barang tersebutmelebihi batas maksimal tertentu akan dikenakan pajak barang impor sekian persen dari nilai barang itu.

Kalau kita membeli beberapa BD sekaligus, yang terdiri dari tanggal rilisan yang berbeda, ada yang sudah dalam stok, dan ada yang masih dalam status pre-order . Kita bisa memilih, apakah minta dikirim dulu barang yang dalam stok, atau mau ditunggu sekalian sampai yang pre-order sudah ada baru dikirim sekaligus. Tentu saja pilihan yang kedua lebih murah, karena hanya satu kali pengiriman. Kalau pilihan yang pertam0a, berarti pengirimannya lebih dari sekali. Setiap kali dikenakan ongkos kirim. Secara kumulatif menjadi lebih mahal di biaya kirimnya.

Ketika transkasi sudah kita lakukan, maka akan mendapat konfirmasi via e-mail tentang rincian transaksi tersebut. Apa yang kita beli, berapa jumlahnya, berapa biaya totalnya termasuk ongkos kirimnya, dan kepada siapa paket tersebut kita minta dikirim. Hal ini penting bagi kita untuk melakukan pengecekan terhadap kebenaran transaksi tersebut.

Dalam proses pengiriman sampai dengan barang diterima, kita bisa memonitor perjalanan paket yang berisi pesanan kita itu. Kita bisa tahu kini paket kita itu sudah ada di mana, dan tahapan proses apa: sudah masuk Indonesia? Sudah di proses Bea Cukai? Dan seterusnya.

Yang tidak lazim di Indonesia, ada di amazon.com, yakni barang yang sudah dibeli masih bisa ditukar atau dibatalkan. Bahkan untuk yang sudah telanjur dikirim pun masih bisa dikembalikan, disertai dengan alasannya.

Saya pernah satu kali mengembalikan DVD yang saya terima. Ketika itu entah kenapa tidak bisa diputar di player saya. Maka saya langsung cepat-cepat kirim kembali. Ternyata bisa diterima, dan uang saya dikembalikan dalam bentuk transaksi di kartu kredit yang saya pakai untuk membayar DVD tersebut.

Teman saya mempunyai pengalaman yang lebih unik lagi. Dia pernah memesan beberapa buah DVD di amazon.com. Tetapi ditunggu-tunggubarangnya belum sampai-sampai juga sampai lewat 3 bulan. Kemudian dia mengajukan komplain ke amazon.com via e-mail. Setelah lewat beberapa lama, amazon.com mengatakan mereka akan mengganti DVD-DVDyang belum diterima teman saya itu. DVD-DVD itu benar-benar dikirim dan diterima teman saya. Selang sekitar 2-3 minggu kemudian, paket yang dikiranya hilang itu datang. Entah kesasar di mana. Teman saya merasa tidak enak. Dia kontak kembali amazon.com, menginformasikan hal itu, dan mengatakan akan mengirim kembali ke amazon.com. Tetapi mereka memberi jawaban yang cukup mengejutkan. Katanya, tidak perlu dikembalikan!

Keuntungan lain dari belanja daring di amazon.com adalah juga dengan cepat kita dapat memiliki koleksi film-film klasik yang legendaris dengan kualitas gambar dan suara jauh lebih bagus daripada aslinya dahulu. Itu karena media yang dipakai adalah piringan Blu-ray yang kapasitasnya 5-7 kali lipat lebih besar daripada DVD. Dengan kapasitas yang sangat besar itu, memungkinkan proses remastered -nya yang diolah dengan teklnologi canggih komputer bisa benar-benar maksimal, sehingga menghasilkan gambar aslinya menjadi jauh lebih tajam dan bersih. Demikian juga suaranya. Film-film klasik dalam format Blu-ray Disc yang sudah saya koleksi dari amazon.com, antara lain: Trilogy The Godfather (1972, 1974 dan 1990), The Ten Commandments (1956), Ben Hur (1959), Alien Anthology (1979, 1986, 1992 dan 1997), quadrilogy Indiana Jones (1981, 1984, 1989, dan 2008), dan Scarface (Al Pacino / 1983).

Demikianlah sedikit berbagi pengalaman berbelanja daring di amazon.com, “hypermarket online” terbesar di dunia, dengan pelayanannya yang super. ***

Sumber :

http://hiburan.kompasiana.com/film/2011/11/05/pengalaman-berbelanja-daring-di-amazoncom/

Posted Juni 30, 2012 by ebookrudy in Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: